Web Design – Manajemen Sosial Media – Promosi Digital

Layanan Digital
IMPACT Marketing

Dalam sebuah layanan Strategi Pemasaran Digital yang lengkap harus memperhatikan beberapa faktor infrastruktur digital;
Website sebagai muara semua funnel marketing.
Manajemen Sosial Media yang baik dan konsisten sebagai arus masuknya trafic ke website.
Dan Promosi Digital sebagai penguat daya jangkau cakupan pasar.

Proses Kreatif

Proses kreatif dan perencanaan adalah melelahkan, karena melewati perdebatan yang panjang. Dan kerap kali sering dianggap tidak penting hingga dilupakan. Namun ini seperti dalam proses pembangunan konstruksi, pemasaran digtal juga memerlukan perencanaan sipil dan arsitektur yang baik agar bisa dibangun dan bermanfaat untuk jangka panjang.

Desain & Pengembangan Website

Mudah Dipahami Oleh Pengguna

Sebuah website yang baik haruslah mudah dipahami oleh pengguna, sehingga calon konsumen mitra mudah mencari informasi di website tersebut.

Desain Website Yang Menarik Dan Interaktif

Desain yang menarik dan atraktif akan membuat calon konsumen yang sedang mencari informasi terkesan dan tidak mudah bosan dalam penelusurannya.

Dapat Diakses Dengan Banyak Device

Selain mudah dipahami oleh calon konsumen, sebuah website harus responsif untuk bisa diakses, baik itu menggunakan laptop, tablet maupun smartphone.

Website Harus Ringan, Cepat & Sesuai SEO

Kita tidak pernah tau calon konsumen sedang berada di mana. apakah berada di tempat sinyalnya yg cukup baik atau tidak. Jadi dengan website yang ringan dan cepat, maka website tersebut dapat terbuka di layar calon konsumen segera. Dan dengan website yang sesuai dengan kaidah SEO yang baik, maka website mitra akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen di halaman pencarian.

“Buatlah perencanaan yang matang dan pondasi yang kuat terlebih dahulu, sehingga bangunan di atasnya bisa menjulang ke langit.”
– Hardiyan Permana –

Manajemen sosial media

Manajemen sosial media IMPACT melakukan perencanaan, eksekusi, dan pengukuran kampanye sosial media psrs mitra. Ini termasuk pembuatan dan pengelolaan akun sosial media, pembuatan strategi pemasaran sosial media, pembuatan dan pembagian konten, dan pengukuran hasil kampanye sosial media.

Hal ini dapat membantu mitra untuk meningkatkan brand awareness, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan melalui sosial media. Termasuk juga dapat membantu bisnis untuk mengelola reputasi online dan menangani keluhan pelanggan yang terjadi melalui sosial media.

Dalam melakukan manajemen sosial media tidaklah hanya sekedar posting, namun ada kerja pentik di balik itu semua.

Apa yang terlihat dari postingan sosial media yang cantik bukanlah datang semerta-merta. Ada tahapan kerja yang Tim IMPACT mengelola sosial media untuk para mitra.

Riset Brand Dan Pasar

Pengumpulan dan analisis informasi untuk membantu dalam mengambil keputusan strategi yang tepat. Terutama analisa tentang pesaing.

Copywriting Yang Menarik

Penulisan dalam sosial media haruslah menarik dan persuasif agar mengundang minat calon konsumen.

Membuat Desain

Desain yang dibuat haruslah mendukung copywriting. Baik itu tema brand maupun promo yang akan dilakukan.

Penjadwalan Yang Teratur

Ini terlihat mudah, namun untuk menjaga konsistensi banyak mitra ingin melakukan sendiri dan akhirnya menyerah.

Di samping itu semua, ada 4 hal yang mengapa Manajemen Sosial Media itu penting. Baik itu untuk UMKM maupun Bisnis. Ini adalah proses tahapan audience berinteraksi terhadap sebuah brand melalui sosial media.

[dnxte_coverflowslider_parent dnxte_coverflow_speed=”500″ dnxte_coverflow_breakpoint_desktop=”1″ _builder_version=”4.6.4″ _module_preset=”default”][dnxte_coverflowslider_child coverflowslider_image=”https://digitalimpact.id/wp-content/uploads/2023/01/phone-impact-1.png” _builder_version=”4.6.4″ _module_preset=”default”][/dnxte_coverflowslider_child][dnxte_coverflowslider_child coverflowslider_image=”https://digitalimpact.id/wp-content/uploads/2023/01/phone-impact-2.png” _builder_version=”4.6.4″ _module_preset=”default”][/dnxte_coverflowslider_child][dnxte_coverflowslider_child coverflowslider_image=”https://digitalimpact.id/wp-content/uploads/2023/01/phone-impact-3.png” _builder_version=”4.6.4″ _module_preset=”default”][/dnxte_coverflowslider_child][dnxte_coverflowslider_child coverflowslider_image=”https://digitalimpact.id/wp-content/uploads/2023/01/phone-impact-5.png” _builder_version=”4.6.4″ _module_preset=”default”][/dnxte_coverflowslider_child][dnxte_coverflowslider_child coverflowslider_image=”https://digitalimpact.id/wp-content/uploads/2023/01/phone-impact-4.png” _builder_version=”4.6.4″ _module_preset=”default”][/dnxte_coverflowslider_child][dnxte_coverflowslider_child coverflowslider_image=”https://digitalimpact.id/wp-content/uploads/2023/01/phone-impact-7.png” _builder_version=”4.6.4″ _module_preset=”default”][/dnxte_coverflowslider_child][dnxte_coverflowslider_child coverflowslider_image=”https://digitalimpact.id/wp-content/uploads/2023/01/phone-impact-6.png” _builder_version=”4.6.4″ _module_preset=”default”][/dnxte_coverflowslider_child][dnxte_coverflowslider_child coverflowslider_image=”https://digitalimpact.id/wp-content/uploads/2023/01/phone-impact-8.png” _builder_version=”4.6.4″ _module_preset=”default”][/dnxte_coverflowslider_child][/dnxte_coverflowslider_parent]

Diketahui atau Dikenal

Sebuah brand dalam pikiran konsumen dimulai dengan diketahui atau dikenal. Hal ini disebabkan oleh sebuah konten yang tiba-tiba viral, masuk dalam halaman pencarian, diceritakan oleh teman atau melihat pada iklan.

Disukai

Apabila informasi awal yang calon konsumen terima tentang brand dirasa menarik, maka ia akan mulai sering berkunjung ke sosial media brand.

Dipercaya

Seiring dengan berkunjungnya calon konsumen ke sosial media brand. Dia akan melihat adanya manajeman konten yang teratur dan profesional, maka ini akan membuat calon konsumen percaya bahwa bisnis yang dilakukan oleh si brand dikelola secara baik dan dapat diandalkan. 

Berlanjut Ke Transaksi

Kepercayaan dari calon konsumen adalah modal utama dari sebuah bisnis. Tanpa kepercayaan dari calon konsumen, tidak akan ada pernah terjadi transaksi.

“Setiap brand itu punya karakternya masing-masing. Setiap brand itu memiliki cerita dan perjuangannya dalam menjalankan bisnis. Nilai ini lah yang harus diterjemahkan menjadi sebuah desain agar sampai ke calon konsumen.”
– Hardiyan Permana –

Promosi Digital

Promosi digital sebenarnya adalah strategi pemasaran yang menggunakan teknologi digital untuk menjangkau dan menarik pelanggan, termasuk menggunakan website dan sosial media seperti yang telah dijelaskan di atas.

Namun saya mau membahas lebih fokus mengenai model promosi berbayar tambahan menggunakan iklan di halaman pencarian Google (google ads), iklan di sosial media (facebook & Instagram ads) dan menggunakan jasa sosial media influencer (KOL) sebagai penguat daya jangkau cakupan pasar.

Kita bisa sebut model promosi digital di atas adalah model promosi digital yang bersifat organik. Disebut organik karena calon konsumen datang sendiri karena dia melakukan pencarian pencarian di halaman pencarian google atau direkomendasikan oleh seseorang.

Sedangkan untuk model promosi digital yang bersifat tidak organik karena informasi disodorkan di halaman sosial medianya, di halaman pencarian google, atau disodorkan oleh influencer sosial media.

Model ini perlu dilakukan untuk brand-brand baru agar lebih cepat dapat dikenal oleh publik. Dan sangat penting untuk brand-brand yang bermain di segmentasi Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang bertarung berdarah-darah di kategori Red Ocean.

Skala Penggunaan Promosi Digital Untuk UMKM

Untuk UMKM, terlebih untuk yang baru memulai usaha baiknya dimulai dengan tahap membuat sosial media seperti Instagram, Facebook dan Tiktok. Baru kemudian masuk ke tahap pembuatan website untuk memberikan segala informasi mengenai produk dan layanan UMKM.

Ini menjadi pondasi dasar awal agar seiring dengan waktu kita bisa memantau seberapa banyak jumlah kunjungan dan penjualan, serta segmentasi pengunjung yang datang. Baik itu jenis kelamin, umur, lokasi, hingga jenis perangkatnya.

Baru kemudian sisihkan sebagian dari keuntungan untuk membuat iklan berbayar.

  • Website
  • Sosial Media
  • Iklan Berbayar

SKALA PENGGUNAAN PROMOSI DIGITAL UNTUK FMCG

Apabila mitra bermain di segmentasi produk jenis ini, saya sarankan mitra harus merogoh kantong lebih dalam. Karena dalam segmentasi produk ini, mitra punya saingan perusahaan-perusahaan multinasional. Antara lain seperti Unilever, Indofood, Mayora dan lainnya.

Mereka sudah sangat rutin melakukan promosi skala besar hingga memasang iklan di telivisi yang anggarannya milyaran tiap bulannya. Dan mari kita diskusikan ceruk mana yang mitra bisa terapkan untuk mengambil kue pasar yang kurang mereka perhatikan.

  • Website
  • Sosial Media
  • Iklan Berbayar